Header Ads

ads header

Breaking News

MATRIKS Bagian 2

OPERASI pada MATRIKS

  • PENJUMLAHAN MATRIKS

Penjumlahan matriks dapat dilakukan jika dua matriks atau lebih matriks yang akan dijumlahkan memiliki ordo-ordo yang sama. Penjumlahan dua matriks itu adalah penjumlahan elemen-elemen yang seletak pada kedua matriks itu

Dimisalkan


Contoh Soal


  • PENGURANGAN MATRIKS

Pengurangan dua matriks secara prinsip sama dengan penjumlahan antara dua matriks, apabila dua buah matriks memiliki ordo yang sama, pengurangan dua matriks itu adalah pengurangan elemen-elemen yang seletak pada kedua matriks itu. Atau penjumlahan dua matriks dengan lawannya.

Dimisalkan


Contoh Soal

  • PERKALIAN SAKLAR dengan MATRIKS

Perkalian bilangan real (skalar) k dengan matriks A ditulis kA adalah sebuah matriks baru yang didapat dengan mengalikan setiap elemen matriks A dengan k.

Dimisalkan

Contoh Soal

  • PERKALIAN MATRIKS

Perkalian matriks A dapat dikalikan dengan matriks B jika banyaknya kolom pada matrik A sama dengan banyaknya baris pada matriks B atau dapat ditulis perkalian matriks 𝐴𝑚𝑥𝑛 dan matriks 𝐵𝑛𝑥𝑝.

Hasil perkalian dua matriks A x B adalah sebuah matrik baru yang elemen-elemennya diperoleh dari penjumlahan hasil perkalian antara elemen baris pada matriks A dengan elemen kolom pada matriks B.

Dimisalkan 

Contoh Soal

😍⌚



Tidak ada komentar